blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Review Android Oppo R5 Murah Terbaru Lengkap

Nanda Adi Prasetya

  Seiring dengan berkembangnya popularitas smartphone yang terus berkembang, terlebih lagi dalam hal kemampuan yang dimilikinya dipadukan dengan desain yang mewah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen untuk membelinya tak terkecuali Oppo. Salah satu flagship terbaru yang dikeluarkan oleh vendor asal China ini sendiri bernama Oppo R5, dimana smartphone ini merupakan kategori smartphone  android oppo paling tipis dengan ketebalan sekitar 4.85 mm. Tidak hanya itu, Oppo telah merancang R5 ini dengan desain yang terbilang elegan dan juga cantik. Nah, seperti apa fitur serta kinerja dari smartphone ini sendiri? Mari saya jelaskan secara lengkap dibawah ini.


Android Oppo Terbaru

Baik, disini saya akan menjelaskan mengenai apa saja dalam kaitannya dengan ulasan review android oppo terbaru. Yang pertama adalah Desain, lalu Display, Sistem Operasi, Hardware, Kamera, Baterai dan memori.

 

  • Desain android oppo 

    desain android oppo
    desain android oppo

     


  Untuk desain android oppo sendiri memiliki dimensi 148,9x74,5x4,85mm, 155 gram (full touchscreen). Oppo sendiri dikenal sebagai produk yang menghasilkan ponsel dengan kualitas rancangan yang terbilang mewah dan berkelas, tak terkecuali R5. smartphone ini dikembangkan dari bahan material premium mulai dari panel kaca pada bagian depan yang dilapisi dengan bezel logam pada bagian sisi dan sektor belakang. Selain itu, bentuknya yang flat dan ramping ini sendiri terlihat mudah dipegang. Didukung dengan bentuknya yang ultra tipis yaitu hanya 4,85 mm. Bahkan hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu smartphone paling tipis didunia. Baterainya telah terintegrasi atau tidak dapat dibongkar pasang dikarenakan R5 telah didesain unibodi (bodi yang menyatu). Tombol volume dan powernya berbahan logam ada pada bagian kanan dan mudah dijangkau oleh jari. Pada area bawah ditanamkan port microUSB dan lubang mikrofon, sedangkan pada slot SIM card dapat ditemukan pada bagian sisi kiri bawah bodi. Dikarenakan R5 tidak mengakomodasi port audio, maka disediakan earphone propietary yang telah memanfaatkan port microUSB sebagai jalur audionya. Solusi lain adalah dengan memanfaatkan headphone Bluetooth atau USB adaptor.


  • Display android oppo terbaru 

     
    display android oppo terbaru
    display android oppo terbaru

     

  Layar sentuh R5 ini sendiri mengusung AMOLED dengan 16 juta warna, 1920x1080 pixel, 5.2 inches dengan kerapatan 423 ppi pixel density. Dilengkapi 10 multi touch, saat mengamati bagian displayandroid oppo terbaru ini, maka akan ditemukan sebuah panel AMOLED sebesar 5,2 inci dengan resolusi full HD (1920 x 1080 piksel). Didukung dengan kerapatan yang cukup besar yakni 423 ppi dan memiliki 16 juta warna, alhasil perpaduan itu yang menghadirkan tampilan jernih serta saturasi warna lebih hidup dengan tingkat sudut pandang mencapai 180%. Pada bagian bawah layar seperti biasa tertanam sebuah softkey khas android berbasis sensor kapasitif. Namun sayangnya tidak disertai dengan backlight. Pada era Quad HD memang bisa dibilang telah berada didepan mata, namun untuk saat ini kualitas layar Oppo R5 masih bisa dikatakan unggul. Brightness atau tingkat kecerahan pada layar dapat diatur pada level yang sangat terang, sehingga berguna dalam kondisi outdoor.


  • Sistem Operasi dan UI android oppo 

    user interface android oppo
    user interface android oppo

     

     

  Pada bagian sistem operasi android oppo mengandalkan buatan sendiri dari pabriknya yang bernama ColorOS 2.0 yang berjalan pada Android 4.4 Kitkat. Perbedaannya dengan versi lawas pada beberapa seri pendahulunya terletak pada Gesture panel yang dipindahkan ke bagian bawah dengan mengusapkan layar dari bawah ke atas, maka panel ini akan segera muncul. Ada yang menarik dari gesture ini, yaitu ketika dalam kondisi off anda masih bisa mengakses aplikasi yang telah didaftarkan dalam fitur ini. Misalkan saja dengan menggambarkan lingkara, kotak, persegi maka anda langsung daoat mengakses kamera. Dengan menggambar dalam bentuk 'v' Oppo R5 ini sendiri akan mengaktifkan flashlight secara otomatis. Anda pun dapat membuat gesture sesuai selera anda untuk mengakses berbagai aplikasi yang anda inginkan. Selain itu, Oppo R5 ini sendiri juga memiliki fitur khas yang tak kalah menariknya, yaitu sebuah konsep one hand operation. Apa maksudnya? Maksudnya adalah dengan menarik layar secara vertikal dari arah sudut kiri atau kanan bawah, maka interface akan mengecil menjadi sekitar 3/4 dari ukuran normal. Artinya adalah anda dapat mengakses interface ponsel dalam ukuran yang lebih kecil. Posisinya dapat dipindah ke arah sudut yang lain (kanan / kiri) sesuai selera anda. Theme app pada ColorOs memungkingkan anda dapat mengganti tampilan icon, folder, wallpaper dan lockscreen. Ada berbagai macam theme yang dapat anda pakai dan anda eksplore lebih jauh lagi sesuai dengan kebutuhan dan keperluan anda. Anda juga dapat mematikan nada dering hanya dengan membalikkan posisi ponsel dari posisi awal atau menjawab telepon masuk dengan cara mendekatkan ponsel ke telinga.


  • Hardware android oppo terbaru 

 
hardware android oppo terbaru
hardware android oppo terbaru

 


  Dibekali dengan prosesor Octa core 1,5 Ghz Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 ( prosesor dengan arsitektur Cortex A53 ini merupakan Octa core 64 bit pertama milik Qualcomm) serta GPU Andreno 450 dan RAM 2 Gb maka tak heran bila Oppo R5 ini dapat memberikan kinerja hasil yang maksimal dengan penggunaan daya yang lebih hemat. Bahkan pihak Vendor Oppo sendiri telah mengklaim bahwa prosesor yang dibawa oleh R5 ini mampu mengalihkan penggunaan core dan kombinasi pengaktifan core antara menjalankan operasi sederhana dan kinerja yang terbilang rumit. Sistem operasi 64 bit dapat menjalankan perintah lebih cepat dan memiliki kecepatan baca tulis lebih unggul. Saat dilakukan test terhadap aktifitas multi tasking serta menjalankan multi aplikasi sekaligus, kinerja dari ponsel ini tetap stabil. Begitupun ketika dicoba untuk memainkan game berat, dihasilkan animasi yang berjalan mulus, minim lag dan tak ada frame yang terputus-putus. Selain itu, Oppo menawarkan proteksi terhadap overheat melalui teknologi yang diberi nama Cool Element. Jadi prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan elemen penghantar panas khusus, yang dapat berubah fisik pada suhu panas tertentu, serta mengisi ruang kosong, sehingga secara efektif dapat menyebarkan panas. Bodi yang terbuat dari bahan logam membuat bodi Oppo R5 ini ketika digunakan untuk melakukan kinerja berat akan terasa memanas namun tidak terlalu menyengat.


  • Kamera android oppo 

    kamera android oppo
    kamera android oppo

     

     

  Kamera dengan resolusi 13 Mp Sony Exmor IMX214 BSI sensor dan LED flash yang terletak dibagian belakang bodi. Memiliki sensor kamera CMOS generasi kedua 13 Mp ini didukung aperture F2.0. Interface dari kamera ini tergolong simpel tapi intuitif, yang merupakan penerus dari Pure Image 2.0 ditambah dengan optimasi hasil foto ditunjang standarisasi Schneider Kreuznach. Fitur andalan Oppo R5 ini sendiri antara lain Flash shot yang telah didukung fitur fast focus. Jepretan yang cepat serta akurat, dapat melakukan auto focus dan memotret dalam waktu 0,18 detik saja. Ada yang namanya Blind shot, yaitu dimana tanpa harus mengaktifkan layar, anda dapat langsung memotret dengan menekan tombol volume, sedangkan fitur untuk melakukan proses pengambilan foto macro tanpa harus dari jarak dekat dinamakan super macro. Kamera Oppo R5 ini juga menyediakan banyak mode mulai dari Normal, Ultra HD, Colorful Night, Expert Mode, Slow Shutter, HDR, Panorama, dan lain-lain. Kualitas foto outdoor termasuk baik dikarenakan detail, exposure dan warna yang tertangkap terlihat tajam dan fokus. Lain halnya saat kondisi indoor pun tak kalah memuaskan, cukup kaya akan warna dan detail meskipun sedikit meninggalkan noise.   


  • Baterai dan Memori android Oppo terbaru 

    baterai android oppo terbaru
    baterai android oppo terbaru

     

     

  Sepertinya baterai pada Oppo R5 ini cukup mendapat banyak perhatian dari orang-orang, masalahnya baterainya hanya berkapasitas 2000 mAh saja. Untuk penggunaan secara masif atau aktifitas yang banyak membutuhkan daya, baterai hanya akan bertahan kurang dari satu hari. Namun, kabar baiknya Oppo R5 ini sudah dilengkapi dengan teknologi rapid charging VOOC yang telah dipatenkan. Dengan adanya teknologi ini, maka hanya dengan pengisian 75 persen baterai hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Ketika daya baterai sudah mencapai dibawah 20 persen, maka anda dapat menggunakan fitur Ultra Power Saving mode guna mematikan fungsi yang banyak menghabiskan baterai. selain fitur diatas, anda juga dapat menggunakan fitur yang lain seperti Smart Power Saving mode untuk menjadikan pemakaian baterai lebih efisien. Untuk memori internal sendiri, Oppo R5 ini diberi kapasitas sebesar 16 Gb ( dengan ketersediaan space yang masih tersisa sekitar 10,65 Gb ) dan tidak didukung slot microSD yang biasanya bermanfaat bagi penggunanya untuk memperbesar kapasitas ruang penyimpanan data. 

Demikian informasi yang dapat saya berikan seputar review android oppo, simak terus informasi
yang kami berikan di web Harga dan Spesifikasi Smartphone ini.

0 komentar:

Post a Comment