blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Review Layanan VPN Terbaik Android 2015

Nanda Adi Prasetya

Di dalam era modern sekarang ini, tak lepas dari pengaruh perkembangan arus teknologi khususnya dibidang layanan jaringan. Masalah keamanan khususnya pada bagian privacy dan kontrol keamanan menjadi lahan yang empuk bagi para peretas jaringan diluar sana, bahkan dengan bocornya informasi yang sering kali dialami oleh para user, bahkan perusahaan besar seperti Google, Facebook, NSA seringkali menjadi sasaran bagi peretas dari tindakan nya itu.

Dalam menghadapi kasus - kasus yang marak terjadi sekarang ini, maka dibuatlah sebuah sistem layanan jaringan virtual yang memiliki privacy jalur akses sehingga meminimalisir tindak kejahatan cyber crime di dunia maya, nama dari layanan itu tak lain adalah VPN (Virtual Private Network), jadi tak heran bahwa pengguna VPN sekarang ini bertambah banyak dan semakin populer, bahkan user publik banyak yang sudah menggunakan nya hanya untuk sekadar menikmati layanan Wifi publik untuk melindungi dirinya dari serangan para hacker.

Pada artikel kali ini, saya akan menyampaikan kriteria - kriteria apa sajakah yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan VPN yang diinginkan :
  • Kecepatan pelayanan
  • Kualitas perangkat lunak
  • Kualitas layanan pelanggan
  • Jumlah server / IP
  • harga
Baiklah, saya akan langsung memberikan daftar layanan vpn yang menurut saya rekomen untuk dicoba, kriteria yang saya berikan berikut berdasar rangking yang telah di lakukan voting pada masing - masing layanan vpn berikut, dan sedikit saya beri ulasan dari vpn tersebut supaya nantinya anda bisa memilih sendiri untuk menggunakannya atau tidak. 


1.) VyprVPN

cara setting vpn di android - VyprVPN
cara setting vpn di android - VyprVPN


Adalah layanan vpn berbasis di US area (Amerika).
-  Kelebihan : Menggunakan layanan ini adalah cepat, layanan enkripsi yang handal, tersedia untuk platform Android dan IOS, tiga hari masa trial dengan support layanan service, menyediakan sampai tiga koneksi secara simultan, P2P, penyimpanan awan gratis.

- Kelemahan dari layanan ini : Karena berbasis di US, maka logs dari setiap aktivitas di internet akan tersimpan di server selama 30 hari. Hal ini tentu cukup mengganggu kenyamanan privacy dari anda, namun anda tak perlu merisaukan hal tersebut, karena jaminan privacy anda akan terjaga. 
cara setting vpn android
cara setting vpn android

Dengan mengusung tema 'internet freedom' yang berjalan di VyprVPN, sehingga bukan hanya memiliki pusat data pribadi saja yang diandalkan, melainkan kecepatan akses yang lebih cepat, selain itu anda juga mendapatkan akun penyimpanan awan (cloud) secara gratis dengan Dump Truck, dimana hal itu berjalan di jalur jaringan pribadi dan terhubung pada tingkat keamanan yang tertinggi.

2.) ExpressVPN



- Kelebihan : Tidak adanya logs dari setiap aktivitas, tentu hal ini menyenangkan karena privasi data browsing kita tidak tersimpan di server,  kecepatan besar, Jaminan uang kembali dalam 30 hari jika pelayanan kurang memuaskan, memiliki dukungan yang lebih banyak khususnya platform Android.


-  Kelemahan : Harga relatif lebih mahal dari VyprVPN.
setting vpn di android
setting vpn di android
Hampir seluruh layanan dari VPN ini memberikan pelayanan yang terbaik demi memuaskan keinginan konsumen. Perusahaan ini memiliki dukungan sebuah aplikasi Android yang luar biasa (mungkin melihat bahwa Android adalah masa depan) dengan berbagai fitur yang terbilang mumpuni dan lengkap serta memberikan layanan konsumen selama 24 jam selama 7 hari penuh. Dengan kecepatan yang terus menerus ditingkatkan, serta dengan garansi 30 hari uang kembali, maka anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih layanan vpn ini.
Ketika sedang menggunakan aplikasi ini, jelas terlihat bahwa aplikasi ini memang  dirancang dengan kenyamanan untuk pengguna. Pada  bagian widget home screen terdapat  tombol quick connect yang berguna ketika anda membuka aplikasi ini, anda tidak perlu melakukan setting manual untuk mengkoneksikan, cukup dengan membuka aplikasi ini saja maka ExpressVPN akan segera langsung tersambung. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur lokasi (location), dan membuat lokasi anda baru-baru ini dapat terhubung dengan mudah untuk diakses. 

3.) AirVPN

cara setting vpn di android - AirVPN
cara setting vpn di android - AirVPN


- Kelebihan : Menerima pembayaran melalui Bitcoin, tidak ada logs, Memiliki dukungan sekuritas 256-bit enkripsi AES, port forwarding dinamis, dukungan real time pengguna dan server statistik, dukungan untuk terhadap browser Tor lewat VPN dan VPN melalui SSL dan SSH tunnel, memiliki kecepatan yang baik, trial selama tiga hari penuh, P2P, dilengkapi instruksi pengaturan untuk OpenVPN Connect.

- Kelemahan : Koneksi yang terbagi menjadi 3 jalur secara simultan yang tentu akan berdampak terhadap kecepatan jalur koneksi.
AirVPN dapat dikatakan memiliki kualitas layanan yang lebih maju dari pada kebanyakan perangkat lunak VPN lain di luar sana, tetap mempertahankan privacy seseorang dengan tidak menyertakan logs dan menerima pembayaran Bitcoin. Menyediakan tingkat keamanan enkripsi data cukup tinggi yaitu 256-bit AES enkripsi, mendapat dukungan layanan monitoring besar dan untuk langkah-langkah keamanan lebih lanjut, seperti VPN untuk Tor dan VPN melalui SSL dan SSH tunnel.

Yang menurut saya agak sedikit kurang memuaskan adalah layanan VPN ini hanya menyediakan panduan instalasi bersama file konfigurasi secara text saja (manual book), tidak didukung layanan konsumen secara real time, sehingga mungkin akan menyulitkan user awam untuk pertama kalinya menggunakan vpn.


4.) Mullvad

cara setting vpn di android - Mullvad
cara setting vpn di android - Mullvad


- Kelebihan : Menerima pembayaran lewat Bitcoin, tidak ada logs, memiliki kecepatan yang baik, murah, konsumen diberikan semacam fitur untuk mematikan koneksi internet secara paksa (internet kill switch), perlindungan DNS dari ancaman kejahatan cyber, P2P.

- Kelemahan : Ada beberapa fitur dari aplikasi ini yang tidak berjalan dengan baik.

Mullvad merupakan sebuah perusahaan start up skala kecil yang masih baru saja berdiri belum lama, yang berarti tak luput dari adanya masalah, tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak menggunakan layanan vpn ini, pasalnya dibalik kelemahan yang dimiliki layanan vpn ini sendiri, Mullvad memberikan semacam keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki layanan vpn lain, yaitu perlindungan kebocoran data (leak), mematikan koneksi secara otomatis (kill switch), informasi mengenai status server (berupa kapasitas, speed, dll) dan port forwarding. Tidak seperti perusahaan lainnya, Mullvad memiliki kebijakan dengan meniadakan logs untuk setiap aktivitas di server nya dan tidak membutuhkan informasi privacy sama sekali dari para user, bahkan pembayaran terbilang sangat aman karena didukung dengan metode pembayaran melalui Bitcoin, uang tunai dalam pos atau transfer. 


5.) IPVanish

cara setting vpn di android - IPVanish
cara setting vpn di android - IPVanish


- Kelebihan : cepat, memiliki banyak lokasi server di berbagai belahan dunia

- Kelemahan : tidak adanya kebijakan mengenai logs , sehingga kurang dapat dipercaya, tidak mendukung     fitur P2P
konfigurasi vpn di android
konfigurasi vpn di android


IPVanish sendiri adalah perusahaan provider skala besar yang memiliki lokasi server di seluruh dunia, tentunya harga dari layanan ini terbilang cukup mahal dan mendukung keseluruhan aplikasi VPN di platform Android.

Setelah anda membeli salah satu layanan VPN diatas, anda mungkin bingung cara memakainya di Android seperti apa lalu bagaimana cara melakukan settingnya. Jangan khawatir saya akan menuntun anda dalam melakukan setting VPN, silahkan baca cara setting vpn di android.

Nah, apabila anda tertarik untuk menikmati layanan VPN diatas, segeralah untuk mencobanya. Pilihlah sesuai dengan budget yang anda miliki, serta pertimbangkan kembali kriteria - kriteria yang telah saya sampaikan diatas sebelum anda membeli layanan VPN tersebut. Sekian dan terima kasih. Terus kunjungi Blog Spesifikasi Smartphone ini terus ya.








1 komentar:

  1. Thanks gan atas informasi mengenai review dan harga vpn cepat.

    Semangat sukses.

    ReplyDelete