blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Review Aplikasi DOcar Paling Joss Buat Sewa Mobil

Nanda Adi Prasetya



Halo sobat blogger, seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin populernya smartphone, dewasa ini, segala hal bisa dilakukan melalui perangkat digital tersebut.  Jika Anda punya smartphone Android, berbagai macam aplikasi yang dapat membantu aktivitas Anda sudah tersedia secara bebas di Google PlayStore. Bahkan, aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia di market resmi Google untuk Android tersebut sudah teruji kualitasnya.

Nah, bagaimana jika ingin menyewa mobil? Tentu saja, kita akan dapat menemukan aplikasinya di Google PlayStore. Di antara banyak aplikasi sewa mobil di Google Play, kali ini, saya akan mereview satu yang terbaik yaitu Aplikasi DOcar.

Aplikasi Android DOcar dibuat oleh PT DOcar Rental Indonesia yang bergerak di bidang platform e-marketplace jasa rental mobil. Singkat cerita, perusahaan tersebut ingin mempertemukan para pengusaha rental mobil dengan calon penyewa mobil. Layanan ini tentunya sangat membantu kawan-kawan yang tidak mempunyai mobil jika ingin bepergian untuk kepentingan bisnis, pulang kampung alias mudik, atau berwisata.

Saat ini, DOcar melayani para pelanggan di Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). Dengan motto “Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda”, DOcar berusaha menawarkan layanan yang mudah digunakan, jelas, dan tarif sewanya menurut saya relatif murah. Berikut ini review saya mengenai aplikasi DOcar sewa mobil:

  • Tampilan Antarmuka (User Interface) DOcar

Tampilan User Interface Aplikai DoCar
Tampilan User Interface Aplikai DoCar

Tampilan utama aplikasi DOcar didominasi warna biru dan oranye dengan tulisan berwarna putih. Menurut saya, kombinasi warna ini menarik karena tidak banyak aplikasi memakai warna biru-oranye sebagai warna dasar. 

Desain menu-menu cukup mudah dipahami sehingga orang yang meng-install-nya pertama kali sudah bisa langsung melakukan pemesanan tanpa bingung. 

Mungkin pengguna aplikasi bisa jadi sedikit bingung saat melihat ikon-ikon informasi mobil (jenis transmisi mobil, jumlah penumpang, dsb.). Meskipun demikian, dengan keterangan yang jelas, pengguna lantas bisa memahami arti ikon-ikon tersebut.

  • Proses Melakukan Pemesanan Mobil

Review Aplikasi DOcar
Review Aplikasi DOcar

DOcar menawarkan cara mudah sewa mobil hanya dalam tiga tahap yaitu Pilih, Pesan, dan Bayar. 

Caranya, setelah men-download dan meng-install aplikasi DOcar, pengguna bisa langsung masuk ke aplikasi dan memilih menu Pesan Mobil. 

Setelah itu, calon penyewa bisa mengisi data perjalanan berupa lokasi rental, tujuan, tanggal mulai dan selesai menyewa, durasi menyewa (tersedia tiga pilihan: 8 jam, 12 jam, full day), dan fasilitas yang diinginkan (tanpa BBM, dengan BBM, All-In).

Setelah mengisi data perjalanan, pengguna bisa mengklik ikon Cari Mobil. Sistem akan mencarikan mobil yang tersedia dan cocok dengan informasi yang diberikan. Pengguna bisa memilih mobil yang mereka inginkan. 

Tombol Pesan bisa diklik untuk mulai melakukan pemesanan mobil. Informasi terkait mobil sewaan secara detail akan muncul. Tidak hanya spesifikasi secara umum saja, deskripsi mobil dari rental, ulasan tamu yang pernah menggunakan mobil tersebut, rating mobil, dan rating rental juga ditampilkan.

Setelah mengeklik Pesan Sekarang, pemesan bisa mengisi kolom lokasi dan waktu penjemputan. Setelah itu, pemesan bisa langsung mengisi metode pembayaran. 

Terdapat dua cara pembayaran yaitu bayar uang muka 25% terlebih dahulu atau langsung lunas. Jika memilih membayar uang muka terlebih dahulu, sisa pembayaran harus dibayarkan kepada sopir saat dijemput.

Adapun metode pembayaran dapat dilakukan lewa transfer bank, i-banking, dan kartu kredit. 

Usai mentransfer sejumlah pembayaran ke nomor rekening yang tercantum, pemesan kini tinggal mengkonfirmasi bahwa dirinya telah membayar ke pihak DOcar. 

Konfirmasi bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu Konfirmasi Bayar lalu mengisi data pembayaran dan mengklik tombol Kirim.
 
Secara garis besar, metode pemesanan mobil di DOcar mudah dilakukan. Yang jelas, tidak perlu ribet menghabiskan pulsa telepon untuk menelepon rental yang bersangkutan.

  • Fitur Aplikasi DOcar
Fitur-fitur di Aplikasi DOcar dapat diakses melalui menu di sebelah kiri. 

Menu-menunya adalah Status Pesanan, Ulasan, Kotak Masuk, Tentang Kami, dan Keluar.
Status Pesanan, seperti sebutannya, berisi status pesanan mobil penyewa. 

DOcar memungkinkan penyewa dapat melihat posisi mobil 30 menit sebelum penjemputan. Selain itu, penyewa juga bisa melihat informasi sopir yang menjemput serta kontak nomornya sehingga bisa dihubungi sewaktu-waktu.

Ulasan menampilkan review yang dibuat pengguna aplikasi terhadap mobil yang pernah mereka pesan. 

Sedangkan Kotak Masuk berisi pesan dari DOcar seperti terkait status pembayaran dsb. Pengguna aplikasi bisa berkomunikasi dengan pihak DOcar atau rental penyedia melalui fitur ini. 

Sementara itu, menu Tentang Kami berisi profil singkat DOcar dan versi aplikasi. Menu Keluar digunakan untuk keluar dari aplikasi.

Secara umum, fitur-fitur di DOcar semua berfungsi dengan baik. Pembaruan (update) yang diberikan secara berkala oleh pihak DOcar memastikan aplikasi berjalan dengan baik.

Aplikasi ini juga sudah bisa berjalan lancar di Android tipe Marshmallow sehingga memungkinkan pengguna ponsel dengan sistem operasi terbaru itu bisa memasang Aplikasi Sewa Mobil DOcar.

Demikian informasi yang dapat saya berikan seputar review Aplikasi Sewa Mobil DOcar.

 

0 komentar:

Post a Comment