blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Tips Mengatasi Hp Android Mulai Lambat

Nanda Adi Prasetya

android lemot picture
Android Lemot Picture
hargadanspesifikasismartphone - Tips Mengatasi Hp Android Mulai Lambat. Sekarang ini Android OS sudah menguasai pasar smartphone ataupun tablet dibanding OS lainnya. Smartphone android mempunyai fitur multitasking yaitu dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus secara bersama - sama dan jika tidak dikontrol oleh pengguna, maka akan banyak task yang tidak terpakai, namun masih aktif. Sebagai contoh yaitu hal yang sering terjadi pada saat booting RAM android yang terlalu lama memproses, ketika membuka aplikasi BBM sering terjadi hang, ketika sedang browsing terjadi lemot dan ngelag, ponsel android lambat saat main game tiba - tiba restart sendiri, sedang membuka aplikasi tiba tiba eror dan program terpaksa ditutup.

Pada internal memory yang penuh, aplikasi yang telah kita install dismartphone android secara default akan tersimpan didalam memori internal atau telpon, apabila terlalu banyak aplikasi terinstal, maka memori internal menjadi semakin penuh dan performa HP Android akan mengalami penurunan / lambat. Sebagai pengguna ponsel android tentu kita pernah merasakan terjadinya hang, hp lemot, atau pun lambat, lag serta error, hal-hal tersebut sering terjadi terutama pada ponsel android dengan harga yang murah atau masih menggunakan OS Android yang lebih rendah.

Ketika sedang menjelajah dunia maya / internet lewat browser, sebenarnya ada banyak data yang masuk dan tersimpan didalam memori telepon, data tersebut lebih sering dikenal / disebut dengan istilah Cookies dan Cache akan menumpuk di telepon, dan yang pasti akan membuat telepon menjadi tidak stabil dan lambat. Adanya cache di hp tersebut, akan terus bertambah seiring dengan banyaknya jumlah pemakaian setiap aplikasi, dan tentu saja cache tersebut akan memakan banyak ruang memori dan akan membuat smartphone kita menjadi lambat atau lemot. Solusinya adalah menggunakan program sejenis CCleaner untuk membersihkan cache tersebut supaya kinerja smartphone menjadi lebih ringan.

Kemudian pada tampilan home depan dengan banyak widget yang terdapat di sana, maka akan sangat berpengaruh kepada kinerja android, ditambah lagi dengan seringnya menggunakan live wallpaper disamping membuat baterai menjadi boros, live wallpaper juga dapat mengurangi kapasitas kinerja RAM. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan lebih membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa untuk menutup atau secara sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, hal tersebut akan membuat kinerja perangkat android menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Solusi nya adalah anda seperlunya saja menambahkan widget ditampilan homenya, diusahakan yang tidak menggunakan live wallpaper karena kinerja RAM akan terbagi dan ponsel anda akan mengalami lemot.

Mengatasi Android Lambat

cara mengatasi android lemot
Cara Mengatasi Android Lemot

Untuk itulah cara untuk mempercepat kinerja hp android adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Aplikasi ini bekerja dalam hal membersihkan aplikasi yang berjalan secara bersamaan atau membersihkan aplikasi yang tidak diperlukan, namun masih berjalan di background. Seiring waktu, banyak pengguna Android yang senang berkreasi atau mengeksplore berbagai macam aplikasi dismartphone mereka secara bersamaan dan secara tidak sadar bahwa kegiatan itu dapat membuat perangkat mereka menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Nah, untuk mengatasi agar perangkat android tidak menjadi lambat, maka kita sebagai pengguna yang pintar harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal yang ditambahkan pada Smartphone Android, gunanya untuk meringankan kinerja ponsel pada memory internal. Pada proses itu beberapa data ponsel berpindah data ke hard drive eksternal (microSD) yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Hal tak terduga lain yang mungkin tidak disadari oleh pengguna smartphone android adalah banyaknya sms masuk atau terkirim yang berpengaruh pada kinerja ponsel, karena semua sms akan tersimpan pada memory internal, sehingga kinerja ponsel akan menjadi lambat. Untuk itu anda diharuskan cek secara berkala pesan - pesan baik pesan masuk ataupun terkirim yang akan dihapus nantinya, guna meringankan ukuran size didalam memory ponsel.

Yang terakhir adalah hal melakukan restart pada android itu sendiri. Sebenarnya melakukan restart pada android sangat penting karena kinerja hp android akan refresh atau segar kembali dan yang pastinya tidak akan terjadi lambat / lemot atau hang juga. 

Dengan Memiliki ponsel operating system android artinya kita harus sudah siap dan juga wajib bersedia untuk mau terbuka dengan setiap para Android development diluar sana, saling berbagi informasi satu sama lain menjadikan user tidak ketinggalan informasi yang penting, mereka (para Android Development) adalah orang yang telah merancang, membuat, dan mempublish aplikasi baik yang bersifat gratis / free / open source maupun yang berbayar / premium. 

Itulah tips - tips yang bisa anda terapkan dalam langkah mengatasi smartphone android lemot yang mungkin terjadi pada ponsel anda. Salam Onliners.






0 komentar:

Post a Comment