blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

2 Cara Instal Ulang HP Android Lengkap

Nanda Adi Prasetya

Halo sobat blogger semua, kali ini saya akan memberikan tips cara instal ulang hp android secara lengkap. Dipanduan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana langkah awal yang harus disiapkan sebelum instal ulang hp anda, serta cara melakukan instal ulang / flashing dengan benar. Okeh mari disimak ya!!...

Android adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer di dunia era modern saat ini termasuk di Indonesia salah satunya. 

Android dibuat oleh perusahaan software raksasa Google dengan dilengkapi berbagai macam fitur dan kemudahan yang dapat memanjakan penggunanya, juga termasuk teknologi yang terbilang canggih, 

Sehingga tak mengherankan apabila OS Android menjadi sistem operasi
yang banyak digunakan oleh semua orang. Terlebih lagi saat ini OS Android sudah terdapat aplikasi BBM yang  banyak dipakai oleh semua orang didunia, sehingga semakin hari semakin bertambah saja penggunanya. 
cara instal ulang hp android
cara instal ulang hp android

 
Bagi anda para pengguna android yang sedang dalam masalah kebingungan mencari sebuah cara / solusi untuk melakukan install ulang hp android anda, 

Sebaiknya simak ulasan saya berikut dengan seksama ya, agar setiap langkah demi langkah dapat diikuti dengan benar, karena tak banyak orang yang tahu bagaimana melakukan flashing hp android mereka. 

Kebanyakan dari mereka ketika mengalami masalah dengan hp nya masing
masing, maka mereka akan berpikir bagaimana kalau dibawa ke tukang servis hp aja toh, masalah langsung beres. 

Mungkin anda pembaca sekalian sering berpikir seperti itu. Bagi anda yang setiap menemui masalah langsung merujuk ke tukang servis, itu tandanya ada bukan user yang smart, lhawong  hp nya smartphone masa user nya kalah smart sama hp nya, hehehhe. 

Ups sory, hanya bercanda aja wkwkkwkw

Jangan dibawa emosi. Gini, misalkan hp anda mengalami trouble dan anda saya ibaratkan orang awam yang kurang tau mengenai hp, kemudian anda bingung langkah apa yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah anda tersebut?
  • Langkah pertama anda harus tenang, ingat! Tenang kan pikiran anda terlebih dahulu, baru kemudian anda melakukan analisa, kenapa kok hp saya mati, bunyi aneh, layar jadi putih / blank hitam, dll. Pokoknya analisa dulu deh, baru setelah udah yakin masalahnya seperti apa, 
  • Langkah selanjutnya adalah anda mencari solusi permasalahan anda tersebut di internet. Mengapa? soalnya sumber informasi digital sekarang ini jauh lebih efisien daripadaanda harus membeli buku tutorial / panduan di toko buku sana. Disini aja mencari solusi dari permasalahan yang anda alami. 
  • Baca dengan teliti dan dipahami dengan perlahan
Apabila menemui suatu istilah asing yang tidak tau bisa anda googling lagi mengenai istilah itu, sehingga ketika anda sudah bisa menemukan solusi yang sekiranya dapat anda atasi sendiri, maka hal itu akan membuat anda lebih bahagia dan merasakan kenikmatan sendiri atas hasil usaha yang anda lakukan 

Selain itu anda juga bisa menghemat uang anda, sehingga tidak perlu pergi ke konter hp untuk menservice hp anda, hehehhe.Welah kok malah jadi panjang gini :p
Baiklah itu cerita / intermezo saja ya kawan sebelum anda serius membaca tulisan saya dibawah ini lebih lanjut. Oke langsung saja deh.

Sebelum kelangkah yang lebih lanjut saya akan menjelaskan sedikit istilah Flashing atau install ulang android yang perlu anda tau.Flashing / install ulang android adalah  sebuah cara untuk mengembalikan fungsi android seperti sedia kala apabila software bawaan mengalami
kerusakan (bisa corupt, terkena virus, atau kerusakan yang disebabkan oleh instal aplikasi
pihak ketiga), 

Untuk itulah dibutuhkan sebuah proses flashing untuk memperbaikinya. Bootloop sendiri adalah kerusakan pada software yang mengakibatkan perangkat tidak bisa masuk ke layar
utama dan berhenti di layar awal ketika restart dan diulang secara terus menerus. 

Biasanya Bootloop ini sendiri merupakan dampak / akibat dari kerusakan diatas.
Flashing juga dapat dilakukan ketika ingin meng-upgrade atau meng-downgrade perangkat lunak hp smarphone. 

Beberapa permasalahan seperti kegagalan dalam melakukan instal perangkat custom rom
dapat menyebabkan bootloop sehingga langkah jitu yang harus anda ambil adalah perangkat android anda harus diinstall ulang.

Cara instal ulang hp android via PC dengan Flashtool

Cara yang pertama yaitu flash/install ulang android lewat PC.
  1. Sebelum memulai terlebih dahulu mengunduh MediaTek USB VCOM (Android) Driver agar perangkat android dapat dikenal oleh komputer. 
  2. Unduh ROM yang cocok dengan ponsel android anda (bisa cari di forum kaskus atau donlod via web resminya). 
  3. Mengunduh aplikasi yang bernama SP_Flashtool, aplikasi ini berfungsi untuk membuka direktori yang ada di ponsel android anda lewat komputer. 
  4. Setelah semuanya terunduh, kemudian ekstract dan install drivernya terlebih dahulu di komputer anda, lalu ekstrak SP_Flashtools di salah satu drive anda dan buka Flash_Tool.exe.
  5. Pada tampilan Flash Tool, klik Scatter_Loading dan arahkan pencarian untuk mencari file scatter_emmc.txt yang ada di folder ROM android kemudian centang kotak yang ada di sebelah tulisan DA DL ALL With Checksum dan klik download. Hal ini akan  membuat proses download berjalan yang ditunjukkan dengan download bar berwarna ungu. Setelah proses download selesai, harap segera matikan ponsel anda lalu hubungkan dengan komputer menggunakan USB. Download bar akan berubah warna dari ungu menjadi kuning yang menandakan proses install ulang sedang berlangsung. 
  6. Keenam: Tunggu hingga muncul lingkaran hijau di Flashtool, setelah selesai kemudian hidupkan kembali ponsel anda. Jika proses booting agak lama, itu adalah normal. Tunggu selama kurang lebih 2-3 menit hingga proses booting selesai.

Cara kedua yaitu dengan flashing lewat hp android anda sendiri. 

Sebelumnya ane akan jabarkan langkah awal terlebih dahulu sebelum melakukan langkah
ini lebih lanjut. 

  • Pertama : Pastikan android harus terinstal aplikasi untuk recovery data contoh seperti : ClockworkMod, Arnon_RA, dan lain-lain.
  • Kedua : Siapkan Costom Rom/Firmware yang nantinya akan di Flashing dan pastikan hp smartphone anda sudah di root terlebih dahulu.
  • Ketiga : Pasang MicroSD di smartphone android, hal ini berfungsi sebagai tempat sementara / storage cadangan pada Costom ROM yang anda instal.
Lanjut ke langkah demi langkahnya yuk :D

Langkah Pertama :

Backup data2 penting anda terlebih dahulu. Cara backup data bertujuan untuk menyimpan semua data, berguna untuk mencegah hal yang tidak di inginkan seperti kesalahan melakukan cara install OS Android atau pun lainnya. 

Untuk melakukan backup data, bisa gunakan beberapa aplikasi seperti Potatoshare   recovery, ClockworkMod dan MIUI recovery.
kemudian rubah format menjadi ZIP lalu simpan pda slot microSD supaya lebih mudah. 

Langkah Kedua :

Bagi agan / sista yang smartphone androidnya belum ter-root, maka dianjurkan untuk rooting (proses root) terlebih dahulu agar proses selanjutnya berjalan dengan lancar. 

Sedangkan jika smartphone android anda telah ter-root, skip saja langkah ini, hehehehe.

Cara Root Android Sangat Mudah :
  • Langkah awal unduh Kingo Android Root di PC (download disini) lalu install dan buka aplikasi root ini.
  • Langkah kedua : Aktifkan USB debugging lalu cari serta klik menu Setting >>> About Phone >>> Developer Options. Kemudan pilih ”USB debugging” >> ceklis setelah itu hubungkan smartphone android anda ke perangkat komputer atau PC dengan memakai USB, lalu gunakan Kingo Android Root. Selanjutnya klik Root yang terdapat pada Kingo Android Root, silahkan anda tunggu hingga proses root selesai.

Langkah ketiga :

Ini proses utama yang akan kita lakukan. Yuk mari disimak!
  1. Siapkan custom ROM untuk hp anda. Custom ROM tidak semuanya sama (untuk itu pilihlah yang menurut hasil rekomendasi dari internet / forum, temandll). Sumber informasi dapat dicari di Google untuk hasil yang sangat baik, Custom ROM yang digunakan sebaiknya kompatibel dengan device yang dimiliki. atau bisa kesini : http://source.android.com/source/initializing.html.
  2. Setelah menemukan custom ROM yang sesuai, lalu unduh dalam bentuk format ZIP pada perangkat PC atau komputer. Pastikan terlebih dahulu format ZIP tersebut, biasanya flash ROM lewat cara ini yang sangat bayak digunakan dan sulit
    apabila tidak menggunakan format ZIP.
  3. Hubungkan smartphone Android pada perangkat PC dengan menggunakan USB atau kabel data. 
  4. Matikan Smartphone Android >> masuk ke Recovery Mode.
  5. Lakukan Backup data terlebih dahulu, untuk mencegah sewaktu - waktu apabila ROM yang sudah terpasang untuk merestore atau mengembalikan data
    seperti keadaan semula mengalami kegagalan dalam proses instalasinya.
  6. Selanjutnya silahkan unduh aplikasi Quick Boot (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.siriusapplications.quickboot&hl=en)
    lalu install.
    1. Atau bisa juga dengan cara lain seperti : lakukan wipe data/reset, wipe cache partition, dan wipe dalvik cache.
      Dengan cara tersebut sistem operasi di ROM Android anda akan terhapus seluruhnya.
    2. Setelah itu lakukan Flashing/install ROM. Tentunya masih berada dalam Recovery Mode dan Instal ZIP from SDcard/ cari flash zip dari SD Card yang sebelumnya sudah disimpan dan buat folder di SD Card.
    3. Apabila fungsi layar sentuh tidak berfungsi keatas dan kebawah dikarenakan proses diatas, maka anda bisa menekan tombol Volume UP (untuk keatas),  Volume Down (untuk kebawah) dan Home (untuk pilihan YES ) sebagai tombol pilihan yang dapat digunakan.
    4. Apabila fungsi layar sentuh tidak berfungsi keatas dan kebawah dikarenakan proses diatas, maka anda bisa menekan tombol Volume UP (untuk keatas),  Volume Down (untuk kebawah) dan Home (untuk pilihan YES ) sebagai tombol pilihan yang dapat digunakan.
    5. Langkah Terakhir, restart android dengan memilih reboot system now. Selesai.
     7. Setelah terinstal, aktifkan aplikasi Quick Boot. Akan terlihat tampilan  Opsi kemudian   tekan tombol ”Recovery”. Nah dengan melakukan cara ini, maka smartphone android anda bakal masuk pada Mode Recovery, dengan begitu proses flash atau install android sudah dapat di mulai.
      8. Muncul tampilan Recovery >> pilih menu ”Choose Zip from sdcard”.
     9. Agan / Sista bakal diminta untuk memiliki data atau file yang bakal dimasukan pada perangkat android. Jika sudah, maka akan diminta untuk melanjutkan program atau tidak. Apabila ingin lanjut maka klik ”Yes”.
     10. Sistem akan melakukan proses pemindahan file atau data kedalam format ZIP pada ROM, lalu tinggal klik ”Reboot System Now” sistem akan kembali seperti awal atau semula. 


Nah selesai sudah penjelasan ane mengenai 2 cara instal ulang hp android Lengkap. Silahkan dicoba bagi anda yang hp nya sedang bermasalah, dan jangan lupa untuk bertanya jika ada hal yang dirasa tidak tau / kurang tahu dengan berkomentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih. 


13 komentar:

  1. Cara instal Hp ini sangat membantu saya gan, di tunggu terus artikel yang bermanfaat gan, salam kenal.
    Oiya gan sekiranya butuh info harga lantai kayu dan harga decking kayu serta modif desain untuk usaha dan kalau ke bandung butuh rental mobil kami siap membantu. siapa tau kita bisa jadi partner bisnis gan kedepannya.

    ReplyDelete
  2. Caranya mudah dilakukan, makasih min atas artikelnya

    ReplyDelete
  3. apakah cara diatas cocok untuk smua merk hp...??? krn HP sy merk huawei prnh sy bawa ke konter tp konter bilang belum ada aplikasix... mohon infox gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab ya gan,
      Tidak semua hp bisa dinstall dengan cara diatas mas, cara diatas melalui Flashtool hanya untuk Hp yang berchipset Mediatek (MTK)

      Delete
  4. Mantab gan,ijin cari referensi,
    kumbal situs saya kalau ada waktu

    ReplyDelete
  5. mantaap, saya coba langsung berhasil ini

    ReplyDelete
  6. bang saya mau ngeflash pake sp tapi nga punya scaternya,trus download scater/firmwarenya dimana bang susah nyarinya???


    ReplyDelete
  7. kalau blootboot gimana bang solusinya.
    tolong kasih rincian saya udah duahari dua mlam gak bisa makan arna berusaha terus tanpa pembimbing tolong bantuannya.

    ReplyDelete