blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Android Samsung Galaxy Dibawah 2 Juta

Nanda Adi Prasetya

hargadanspesifikasismartphone - Android Samsung Galaxy Dibawah 2 Juta. Pasar smartphone yang terus berkembang membuat persaingan semakin ketat, tak terkecuali pada kelas low entry. Samsung sebagai vendor pemegang nominasi teratas untuk penjualan smartphone android tak ingin kalah bersaing dengan vendor lain dikelasnya. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas Samsung Galaxy J1 sebagai bahasan yang ditujukan untuk android dibawah 2 juta terbaik khusus pengguna baru dikelasnya. Untuk handphone android dibawah 2 juta, Samsung Galaxy J1 hadir dengan desain yang terlihat berbeda dengan sebelumnya. Selain itu J1 hadir dengan prosesor terbarunya. Hadir pada kelas low entry membuat Samsung membekali J1 dengan sejumlah fitur menarik namun dengan spesifikasi yang unggul tentunya.
android samsung galaxy dibawah 2 juta
android samsung galaxy j1 dibawah 2 juta


Material Desain


Semenjak dikeluarkannya produk smartphone Galaxy Alpha, Samsung mulai merombak konsep desain miliknya tersebut. Terlihat dari seri E dan A yang juga memiliki desain berbeda dengan pendahulunya. Galaxy J1 yang dikatakan sebagai pioner pada seri J pun hadir dengan desain yang terlihat seperti jajaran seri Galaxy E. Hadir dalam balutan material plastik, smartphone yang berukuran 129 x 68.2 x 8.9 mm ini sangat nyaman dalam genggaman berkat desainnya terlihat ramping dengan sudut yang membulat. Tidak hanya itu saja, smartphone ini pun sangat pas untuk dimasukkan ke dalam saku baju atau kantong celana. Layarnya dihiasi dengan bingkai krom metal yang memberikan kesan tegas dan elegan, walaupun terbalut material plastik. Terlihat dari depan atas layar akan nampak kamera depan, proximity sensor dan juga ear piece. Sementara di bawah layar terdapat tombol fisik home serta tombol kapasitif Recent Apps dan Back. Pada bagian belakang terlihat kamera utama yang dilengkapi dengan speaker dan LED Flash. Disisi kanan terdapat tombol power, sedangkan tombol pengatur suara terdapat disisi kiri. Port audio jack 3.5mm dapat ditemukan disisi atas dan port USB untuk mengisi daya serta akses perangkat ke PC terdapat disisi bawah.  

Display
 

Dikelas low entry hp android 2 jutaan, Samsung Galaxy J1 dibekali dengan layar seluas 4.3 inci dengan resolusi 400x800 pixel. Layarnya menggunakan layar TFT kapasitif sehingga mampu memberikan tampilan gambar yang mengusung berjuta warna dengan baik dan tajam. Perpaduan resolusi dan bentang layarnya, menjadikan Galaxy J1 ini memiliki kerapatan pixel hanya sebesar 217 ppi. Dengan kerapatan ini, layarnya mampu memberikan tampilan gambar yang cukup tajam dan nyaman dalam pandangan saat digunakan menonton video atau saat sedang digunakan dalam ruangan. Layarnya hanya mendukung 2 titik sentuhan secara bersamaan. Namun sayang, sekali layarnya tidak dilapisi lapisan pelindung layar. Akan sangat disarankan untuk tetap melapisi layar Galaxy J1 dengan lapisan anti gores untuk melindungi layar dari goresan selama penggunaan sehari - hari.

OS dan Interface


Untuk hp android Samsung Galaxy J1 dengan harga 1 jutaan dibekali dengan sistem android Kitkat 4.4. Disisi interface seperti smartphone Samsung pada umumnya, Galaxy J1 hadir dengan balutan TouchWiz UI. Bagian Homescreennya menyediakan 4 slot hot seat, dengan 3 slot yang dapat dikustomisasi dan 1 slot default untuk menuju App Drawer. Secara default hanya tersedia 1 panel homescreen, akan tetapi pengguna dapat menambahkannya hingga capaian maksimal hanya 5 panel yang dapat ditambahkan widget dan juga shortcut aplikasi. Pada App Drawer, pengguna bisa mengatur akses ke aplikasi dengan mudah hanya menekan ikon menu di pojok atas App Drawer. Seperti untuk mengedit letak ikon, mengurutkan tampilan ikon aplikasi, uninstall aplikasi atau menyembunyikan aplikasi dari App Drawer. Dibagian menu Setting - Display, terdapat semacam fungsi Outdoor Mode. Saat fungsi ini dijalankan, layar akan tetap nyaman saat digunakan dibawah terik sinar matahari secara langsung. Samsung juga telah menyediakan fitur Ultra Power Saving Mode yang akan mengubah tampilan layar dan menu akses serta fungsi smartphone menjadi lebih simple untuk menghemat baterai. Fitur diatas dapat diakses langsung dari Notification Drawer dengan mengusapkan jari di layar dari atas ke bawah.

Hardware dan Benchmark
 

Samsung J1 sendiri memiliki kelebihan dari android dibawah 2 juta dikelasnya, yaitu prosesor yang telah didukung arsitektur 64 bit dari Spreadtrum yang berinti ganda. Dengan arsitektur tersebut, memungkinkan J1 untuk menampilkan grafik yang menakjubkan dan juga untuk mengolah informasi lebih cepat, sehingga akan mengurangi waktu kerja prosesor. Hasilnya baterai akan lebih hemat dan kinerja RAM dapat ditekan lebih baik. Meskipun telah didukung prosesor generasi terbaru, Galaxy J1 hanya dibekali RAM sebesar 512 MB saja. Tentu dengan RAM tersebut, pengguna mungkin akan kewalahan jika terlalu banyak menggunakan aplikasi sekaligus. Disisi penyimpanan, Samsung hanya membekali ponsel ini dengan memori internal sebesar 4 GB, namun dapat diperluas dengan MicroSD hingga 128 GB. Dibekali baterai berkapasitas 1850 mAh, berkat prosesor 64 bit membuat Galaxy J1 memiliki daya tahan yang menakjubkan.

Video dan kamera


Samsung Galaxy J1 hadir dengan kamera utama 5 MP dengan resolusi maksimum 2592x1944 pixel dengan rasio 4:3, dan dilengkapi dengan LED flash dan autofocus yang akan memberikan hasil jepretan yang memuaskan. Sedangkan pada kamera depannya sendiri 2 MP tanpa LED flash. Dari segi aplikasi kamera, Galaxy J1 tampaknya didukung dengan fitur yang menarik, seperti Beautify dan Palm Selfie ketika sedang menggunakan kamera depan. Dengan Palm Selfie akan lebih memudahkan dalam aktivitas selfie, hanya dengan mengarahkan telapak tangan di depan kamera  dan secara otomatis timer akan menyala. Sedangkan ketika menggunakan kamera utama, tersedia dukungan mode pengambilan gambar, seperti Beauty Face, Panorama, Best Photo, Continuos Shot, Night dan Sports Mode. Tambahan lain dilengkapi juga dengan adanya Live Filter yang dapat diaplikasikan langsung saat pengambilan gambar. Sementara itu untuk hal perekaman video, Galaxy J1 dapat merekam resolusi HD 1280x720 dengan kamera utamanya. Sedangkan jika menggunakan kamera depan, hanya dapat merekam video pada resolusi VGA 640x480.

Multimedia


Meskipun hadir dengan TouchWiz UI, Galaxy J1 ini ternyata tidak mendapat dukungan dari TouchWiz Music Player untuk pemutaran suaranya. Galaxy J1 hanya dibekali dengan Google Play Music. Tersedia juga SoundAlive guna mengatur keseimbangan antara Treble dan Bass, Vocal dan Instrumental, juga dapat ditambahkan efek suara seperti 3D, Bass, dan Clarity. Pemutaran videonya dapat dikatakan mendapat dukungan codec yang terbilang cukup lengkap. Video playernya dapat memutar format MKV dengan baik dan dapat menampilkan subtitle dengan sempurna. Sebagai alternatif untuk hiburan, Samsung juga telah memberikan J1 dengan fitur Radio FM.

Itulah artikel yang dapat saya berikan mengenai android dibawah 2 juta Samsung Galaxy J1.
Baca juga artikel seputar mitos menyesatkan seputar charging baterai dan cara ampuh membuat VPN gratis di android

1 komentar:

  1. Membeli Samsung galaxy harga murah juga pilihan terbaik. Tergantung kebutuhan apa kita menggunakan hp. Jika kebutuhan rendah, ya gunakan hp murah tak apa. Murah tetapi berkualitas.

    ReplyDelete