blog yang memberikan informasi seputar harga, spesifikasi, tips, review seputar smartphone android, apple, blackberry dan windows phone terbaru.

Mengenal Lebih Dalam BlackBerry OS 10.3.1 (Bagian 1)

Nanda Adi Prasetya

hargadanspesifikasismartphone - Mengenal Lebih Dalam BlackBerry OS 10.3.1. BlackBerry telah mengumumkan secara resmi Os terbaru mereka beberapa waktu yang lalu, yakni BlackBerry 10.3.1. BlackBerry 10.3.1 merupakan tingkatan tertinggi dari sistem operasi BlackBerry 10. Dimana sistem operasi ini keluar secara eksklusif tersedia secara resmi hanya untuk BlackBerry Passport dan Classic saja. Adapun perangkat BlackBerry 10 yang lebih dahulu keluar yang kini dapat menikmati update resmi dari sistem operasi BlackBerry 10.2.1 dengan langsung dapat mengupdate ke sistem BlackBerry 10.3.1. Update secara resmi telah dikeluarkan berupa sistem update OTA kini dapat ditemukan pada bagian menu Setting -> Software Updates. Bagi anda yang mungkin sebelumnya menggunakan perangkat BlackBerry dengan sistem operasi 10.2.1, pasti akan sedikit merasa terkejut dengan perubahan besar yang dibawa oleh BlackBerry 10.3.1 ini. Perubahan apa saja yang dibawa oleh BlackBerry 10.3.1 ini? Simak ulasannya dibawah ini.

1.) Interface yang menyegarkan mata

interface blackberry 10.3.1
interface blackberry 10.3.1

 

Jauh berbeda dengan BlackBerry 10.2.1 yang lebih menggunakan latar belakang berupa kotak berwarna gelap pada setiap icon aplikasinya, tampilan icon pada layar homescreen pada BlackBerry 10.3.1 kini tidak memiliki latar belakang berupa kotak berwarna gelap. Akibatnya, selain memberikan tampilan yang lebih segar dan bersih, juga dapat menampung lebih banyak icon aplikasi. Selain itu, disediakan pula Homescreen utama yang mungkin berguna untuk menampung Active Frame dari pada aplikasi yang sedang berjalan. Ketika semua Active Frame ditutup, homescreennya akan tetap ada dan menampilkan homescreen kosong untuk menampilkan tampilan tanggal.

2.) Menu Quick Setting

quick setting blackberry 10.3.1
quick setting blackberry 10.3.1

 

Pada BlackBerry 10.2.1, ketika sedang berada pada suatu aplikasi dan ingin mengakses Quick Setting, maka kita diharuskan keluar terlebih dahulu dari aplikasi yang sedang kita gunakan. Namun, di BlackBerry 10.3.1 kita dapat mengakses Quick Setting kapan pun saat menggunakan aplikasi lain dengan 2 jari kita dari atas layar ke bawah.

3.) Better Hub Integration

notification hub blackberry 10.3.1
notification hub blackberry 10.3.1

 

Untuk memberikan kemudahan terhadap pengguna, BlackBerry telah memberikan banyak perubahan fungsi di Hub. Selain memberikan wajah baru dengan tampilan yang lebih terang, bar pada sisi bawah layar kini berwarna lebih putih dan akan tersembunyi secara otomatis saat pengguna mengeser daftar pesan. Dan juga telah memberikan pilihan menu yang lebih lengkap untuk mengolah pesan, seperti :
  • Instant Actions yang memungkinkan secara cepat untuk dapat melakukan pengarsipan Email, menghapus atau membalas pesan teks dan BBM tanpa harus membukanya terlebih dahulu.
  • Pada Email Hub, BlackBerry juga telah menambahkan fungsi untuk mendownload banyak lampiran pesan sekaligus dalam satu waktu. Serta fungsi untuk menghapus pesan asli saat membalas pesan untuk menghindari pesan berangkai yang terlalu panjang.
  • Pada Calls Hub, pengguna dapat secara langsung mengakses Dial Pad, sehingga segala aktivitas panggilan dapat dilakukan secara langsun lewat Hub.
  • Notification Hub pun semakin dikembangkan lagi dalam hal kemampuannya. Jika kita menggunakan aplikasi android pada background, maka kita dapat mengaksesnya dari Notification Hub untuk membuka atau menghentikannya.

4.) Instant Preview dan Instant Reply

instant preview blackberry 10.3.1
instant preview blackberry 10.3.1

 

Untuk memudahkan pengguna dalam hal berkomunikasi dan bekerja, BlackBerry 10.3.1 menghadirkan fungsi Instant Preview yang akan menampilkan subjek dan pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan yang telah sampai tersebut penting atau tidak tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang dibuka. Selain itu, tersedia juga fitur Instant replay yang memungkinkan pengguna untuk langsung membalas pesan teks dan BBM atau WhatsApp langsung dari tampilan aplikasi yang sedang dibuka. Dengan memilih tanda panah pada Instant Preview, maka dapat secara langsun membalas pesan yang masuk atau dapat mengabaikannya dengan memilih tanda silang.

Selain perubahan UI Homescreen dan juga interface serta fungsi Hub, BlackBerry 10.3.1 juga membawa beberapa perubahan pada sistem settingnya. Maka dari itu, segeralah lakukan update perangkat BlackBerry 10 mu ke sistem operasi BlackBerry 10.3.1 untuk mendapatkan serta merasakan pengalaman sistem operasi BlackBerry 10.3.1.  

2 komentar:

  1. Terima kasih banyak yah sobat

    Artikelnya sangat membantu sekali dalam proses penyelesaian tugas saya

    ReplyDelete
  2. mantap sekali triknya gan, sangat bermanfaat sekali
    solder uap

    ReplyDelete